Belajar Memulai Bisnis Rumahan Budidaya Tanaman Hidroponik Bagi Pemula » Sholiwa

Selasa, 01 Agustus 2017

Belajar Memulai Bisnis Rumahan Budidaya Tanaman Hidroponik Bagi Pemula

Peluang bisnis rumahan Tanaman Hidroponik

Semakin sadarnya masyarakat akan kesehatan, maka peluang bisnis rumahan yang satu ini sangat menjanjikan untuk di coba. Budidaya tanaman hidroponik merupakan teknologi modern di bidang pertanian, maka bisa disebut peluang bisnis terbaru yang hadir di Indonesia. Dikarenakan masyarakat Indonesia semakin sadar akan makanan sehat, maka peluang bisnis ini sangat menguntungkan untuk di coba.

Apa sih budidaya tanaman hidroponik ?

Menurut wikipedia hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Ada 3 kelebihan tanaman hidponik yang bisa Anda dapatkan, yaitu :
  1. Kebutuhan air lebih efisien, budidaya tanaman hidroponik cenderung lebih sedikit menggunakan air daripada budi daya dengan tanah.
  2. Tidak membutuhkan area tanam yang luas seperti sawah. Jadi ini yang bisa disebut peluang bisnis rumahan, karena Anda dapat memanfatkan halaman kosong rumah Anda yang sempit untuk bercocok tanam.
  3. Bisa di tanam di daerah dataran tinggi atau rendah. Misal Anda ingin menanam jenis tanaman sayur selada. Biasanya selada di tanam di dataran tinggi, tapi dengan adanya teknologi hidroponik ini Anda juga bisa menanam selada di dataran rendah. Yang penting nutrisi tanaman tersebut terpenuhi.
Ada banyak tanaman hidroponik yang dapat di budidayakan, misalkan :

Selada

Bisnis tanaman hidroponik selada

Salada merupakan sayuran jenis lalapan yang biasa di makan mentah. Tanaman ini yang paling subur ditanam menggunakan metode hidroponik. Disamping itu perawatan yang tidak ribet dan pertumbuhan yang cepat menjadikan alasan para petani hidroponik banyak memilih sayuran selada ini.

Cabe

Peluang bisnis rumahan tanaman cabe rawit

Cabe merupakan komoditi wajib untuk ibu rumah tangga. Harga cabe yang tidak stabil di pasaran, sehingga dapat di manfaatkan untuk keperluan sendiri maupun keperluan bisnis.

Melon

Bisnis terbaru tanaman hidroponik melon

Melon merupakan jenis buah-buahan. Dengan menggunakan metode hidroponik ini Anda dapat pula menanam buah-buahan di pekarangan Anda. Yang terpenting Anda harus perhatikan asupan nutrisi air dan cahaya.

Masih banyak lagi tanaman dari jenis sayuran berdaun hijau dan buah-buahan yang bisa Anda tanam menggunakan metode hidroponik.

Bagaimana Cara Memulai Budidaya Tanaman Hidroponik Bagi Pemula ?

Berikut adalah proses atau tahapan - tahapan memulai budidaya tanaman hidroponik paling sederhana :

1. Persiapan pengumpulan alat dan bahan
  • Botol plastik bekas ukuran 1,5 liter
  • Gunting atau cutter
  • Sekam bakar
  • Sumbu kompor
  • Air sumur
  • Nutrisi khusus hidroponik ( sesuai pilihan )
  • Semprotan air ( sprayer )
2. Potong botol menjadi dua secara horizontal. Sehingga menjadi botol (x) untuk bagian atas, dan botol (y) untuk bagian bawah. Dan botol (y) harus lebih tinggi daripada botol (x).

3. Botol (x) merupakan media tanam Anda. Sehingga masukan botol (x) secara terbalik ke botol (y), untuk lebih jelas lihat pada gambar.
Sketsa tanaman hidroponik sederhana

4. Masukan sumbu kompor ke tutup botol (x), lalu simpulkan agar tidak jatuh.

5. Lalu masukan sekam bakar ke botol (x) setinggi 2 - 3 cm sampai menutupi sumpu kompor.

6. Posisikan akar ditengah - tengah botol (x), lalu timbun lagi dengan sekam bakar dan padatkan sekam bakar dengan cara menekan dengan lembut di sekitar tanaman.

7. Larutkan nutrisi dan air ke dalam botol (y), lalu masukan botol (x) secara terbalik.

8. Semprotkan iar menggunakan sprayer

9. Lakukan perawatan dan pemeliharaan dan siap untuk panen.

Cara diatas merupakan cara yang paling sederhana, belum memenuhi standart jika dijadikan bisnis rumahan untuk Anda. Jangan khawatir, dipostingan selanjutnya akan di bahas tentang cara budidaya tanaman hidroponik menggunakan pipa pvc.

Terima kasih,

Sholiwa.com
Tags:

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
= > Komentar tidak boleh mengandung SARA atau Hate Speech